Tips Memasak Kikil Sapi

Posted on

Kikil termasuk jenis daging yang harganya relatif murah. Tetapi
tak hanya lezat dan gurih rasanya. Tapi ketika digigit maka keempukan kikil ini cukup memberikan sensasi tersendiri

Mengolah kikil sehingga teksturnya begitu empuk ada tipsnya.
Agar rasa dan kikil ini empuk adalah proses pemasakannya yang membutuhkan waktu sekitar 6 jam.
3 jam pertama kikil direbus agar empuk, lalu 3 jam berikutnya kikil dimasukkan kedalam bumbu agar bumbunya meresap, rebus hingga bener2 empuk.
Namun jangan kuatir. Sekarang kita dapat menggunakan panci bertekanan untuk proses pengempukannya. Sehingga dalam waktu relatif singkat kita sudah dapat mengolah masakan dari kikil.

Salah satu resep yang dapat disajikan dari bahan kikil ini adalah LONTONG KIKIL

BAHAN :
250 gram kikil, dipotong kotak 2 cm lalu rebus
350 ml air
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas dimemarkan
1 sdt garam
1/8 sdt gula pasir
2 sdm minyak goreng

BUMBU HALUS :
4 siung bawang putih
5 buah bawang merah
3 cm kunyit

PELENGKAP :
4 potong lontong, dipotong-potong
bawang goreng untuk taburan

BAHAN SAMBAL :
10 gram kacang tanah goreng
3 buah cabai merah
2 sdt gula merah
1/2 sdt merica
1/2 sdt garam
3 sdm kecap manis
150 ml air
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, dimemarkan

CARA MEMBUAT :
1. Tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas, garam dan gula pasir sampai matang.
2. Masukkan kikil, aduk rata.
3. Tuangi air lalu rebus sampai bumbu meresap. Masak sampai harum.
4. Sambal: haluskan kacang tanah, cabai merah dan gula merah. Tumis sampai harum. Tambahkan daun salam dan lengkuas.
5. Tuangi air dan kecap manis, aduk hingga meletup-letup.
6. Sajikan kikil dengan sambal kacang dan pelengkap.

Untuk 4 porsi
sumber saji

Semoga bermanfaat……


Cara Membuat Kuah Baso Solo

Posted on

Kuah Baso Solo, hmm wenak tenan,  kuah baso solo ini emang terkenal enak loh. Saya yang emang suka baso jadi penasaran gimana sih buat kuah baso seenak itu atau Anda punya tips cara membuat kuah baso solo ini, bagi donk!!!

Di daerah saya susah banget menemukan penjual baso solo asli atau harus ke Solo beneran ya, hehhe kayaknya nggak mungkin deh. Kejauhan sih, tapi daripada ngiler nggak kesampean mending kita buat sendiri yuk, udah tanya-tanya dan search tips cara membuat kuah baso solo hingga mendapatkan tips berikut ini :

 Resep Kuah Baso Solo :

Bahan :

- 500 gr tetelan daging sapi,potong kecil

- 1 potong tulang sapi

- 10 siung bawang putih

- 8 siung bawang merah

- 2 sdm minyak goreng

- 2 1/2 liter air

- Lada,garam dan pala secukupnya

Pelengkap :

- Bawang goreng dan irisan seledri untuk taburan

- Sambal,kecap,saus,dan cuka

- Mie,bihun,sawi,toge,garam dan vetsin secukupnya

Cara Membuat :

  1. Haluskan bawang putih, bawang merah dan lada.Tumis bumbu tadi hingga harum. Angkat.
  2. Rebus tulang sapi dgn air hingga empuk agak lama supaya kaldunya keluar dan terasa.Kalau sumsum sudah keluar dan dagingnya yg nempel sudah empuk.Masukan daging tetelan dan bumbu tumis,masak hingga matang. Angkat
  3. Taruh mie di mangkuk tambahkan sedikit garam dan vetsin.Layukan sayur sebentar kedalam kuah.Tuangkan kuah dan daging bakso kedalam mangkuk bersama sayuran.Taburkan bawang goreng dan seledri.Tambahkan sambal,saus,cuka,kecap sesuai selera

 

Tips :

 -  Waktu memasak harus agak lama agar kaldu keluar dari tulangnya.

 -  Membuat kaldu tulang sapi dimasak dengan api besar sampai air mendidih. Ketika air mendidih angkat tulang dan cuci serta siram di bawah kucuran air dingin sampai tulang dingin (metode ini untuk membuka pori2 tulang dan membersihkan tulang dari darah dsb sehingga kaldunya jernih) lalu masak air baru dan masukkan tulangnya. Setelah air mendidih kecilkan apinya. Masak sampai air berkurang setengahnya.

Silahkan mencoba  dan jangan lupa dikomen dan jika punya tips cara membuat kuah baso solo dengan variasi berbeda bagi-bagi ya!!!

 


Resep Mie Ongklok Wonosobo

Posted on

Bahan:
750 ml kaldu daging
3 sendok makan tepung kanji
3 sendok makan kecap manis
300 gram mi basah
100 gram kol, iris kasar
10 pohon kucai, iris halus
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus:
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh merica
1/2 sendok teh garam

Cara membuat :
Tumis bumbu halus sampai harum.
Masukkan kaldu lalu kentalkan dengan air sagu.
Biarkan mendidih. Angkat.
Masukkan mi dan kol dalam saringan.
Lalu rebus sambil diongklok atau dikocok sampai matang.
Masukkan mi dan kol ke dalam mangkuk, siram dengan kuah.
Taburkan kucai.
Sajikan panas.

Sumber : masakankreasi.blogspot.com


Cara Membuat Nasi Goreng Mawut

Posted on

Cobain yuk nasi goreng mawut ini, Nasi goreng dengan tambahan taoge yang membuat nasi goreng ini lebih terasa maknyuss..

Bahan

100 gram Ayam fillet, potong tipis
350 gram Nasi
1 butir Telur, goreng orak arik
25 gram Mi basah
50 gram Kol, iris tipis
2 batang Sawi, iris tipis
25 gram Taoge

Bumbu

3 sdm Minyak
3 siung Bawang putih, memarkan, cincang kasar
2 siung Bawang merah, memarkan, cincang kasar
1/4 sdt Merica halus
1/4 sdt Garam
1 sdt Minyak wijen
1 sdt Saus tomat
1 sdm Kecap manis

Cara Membuat

1. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.
2. Masukkan ayam, masak hingga matang.
3. Masukkan nasi, mi basah, sayuran, serta semua bumbu kecuali saus tomat dan kecap manis. Aduk-aduk hingga tercampur rata.
4. Sesaat sebelum diangkat, tambahkan saus tomat, kecap manis, dan telur orak arik.
5. Aduk kembali hingga rata. Angkat, sajikan.


Resep Asem Bandeng Lamongan

Posted on

Untuk anda yang ingin memasak asem bandeng khas lamongan ini. Pas banget, tipsmemasak akan memberikan resep masakan untuk anda coba di rumah.

Bahan:
1 ekor Bandeng sedang/besar dan segar (segar syarat utama karena mempengaruhi kaldu)
4 siung bawang putih
7 siung bawang merah
3 biji lombok merah besar
7 biji lombok kecil atau sesuai selera pedasnya
1 buah tomat *bisa ditambah atau diganti blimbing sayur*
1 ruas kunyit
1 iris lengkuas
1 iris jahe
2 lembar daun jeruk
1 batang daun pre
garam secukupnya
1/2 sendok teh gula

jeruk nipis *untuk menghilangkan bau amis rendaman bandeng*

Cara Pengolahan Bandeng:

Bandeng dibersihkan dan dipotong-potong menjadi 4~5 bagian, taruh di baskom taburi garam dan jeruk nipis agar tidak amis.
*ciri bandeng segar selain dari warna dan bau juga bisa dilihat saat dipotong. Bila durinya utuh maka itu tandanya masih segar*

Cara Pembuatan Asem-Asem:

- Semua bahan tersebut di atas dirajang atau diiris tipis kecuali lengkuas dan jahe bisa di keprek saja.
- Didihkan air 1/2 gayung ke dalam panci atau wajan
- Masukkan irisan bawang putih, bawang merah, lombok merah, lombok kecil, jahe lengkuas kunyit, daun jeruk
- Tunggu 3 menit lalu masukkan bandeng
- tambahkan garam secukupnya dan gula.
- Biarkan bumbu-bumbu tersebut meresap ke dalam bandeng sampe kaldu bandeng keluar
- jika aroma sedap sudah tercium dan warna bandeng sudah kekuningan oleh irisan kunyit tambahkan irisan tomat atau blimbing sayur dan daun pre
- kecilkan api
- tunggu 3 menit saja dan warna cantik masakan akan terlihat
- masakan sudah siap disajikan

Selamat mencoba ^^

 

***
Sumber: iffahoet.blogspot.com


Resep Tempe Bacem

Posted on

Rasanya yang legit cocok untuk lauk makan, Disajikan selagi hangat lebih menambah kenikmatan.

Bahan:
500 g tempe, potong-potong
750 ml air kelapa
700 g gula merah
3 sdm kecap manis
1 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
minyak goreng

haluskan:
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
½ sdt jintan
1 sdt garam

Cara membuat:
• Taruh potongan tempe dalam panci. Tuangi air kelapa, bumbu halus, dan bumbu lainnya.
• Masak hingga air habis. Angkat.
• Goreng tempe dalam minyak panas di atas api sedang hingga kecokelatan.
• Angkat dan tiriskan.
• Sajikan hangat.


Resep : Tempe Goreng Bumbu Kencur

Posted on

Bahan :
400 gram tempe
150 gram tepung terigu
1 butir telur
300 ml air
2 lembar daun mangkokan ( diiris halus )
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus :
6 siung bawang putih
1 ¼ sendok teh merica
8 cm kencur
1 ½ sendok teh garam

Cara Membuat :
1. Iris tempe tipis melebar.
2. Aduk bumbu halus, tepung terigu, telur, air, dan daun mangkokan.
3. Celupkan tempe ke dalam adonan.
4. Ambil sepotong-potong lalu goreng dalam minyak panas. Goreng sampai berkulit.


Resep Nasi Kucing

Posted on

Bahan Bahan :

500 gram nasi putih, Kertas bungkus nasi
Daun pisang untuk membungkus
Bahan sambal udang:
100 gr udang api-api, dicuci bersih, 1/4 sdt garam
1/4 sdt gula pasir 2 sdm minyak untuk menumis
Bumbu halus:
5 buah cabai merah keriting, 1 buah cabai merah besar
2 lembar daun jeruk, di buang tulang daunnya
2 butir bawang merah, 1 buah tomat merah
Bahan tumis kacang:
100 gram kacang panjang, dipotong 2 cm
2 siung bawang putih, diiris, 3 butir bawang merah, diiris
1 cabai hijau besar, diiris, 1 cabai merah besar, diiris
1 sdt taoco, 1/2 sdt garam, 1/8 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula merah, 50 ml air
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Pengolahan :

1. Sambal udang: lumuri udang dengan 1/2 sendok teh garam. Diamkan 10 menit.
2. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang dan kering. Angkat dan tiriskan. Tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan udang, garam, dan gula pasir. Aduk rata. Masak sampai matang.
3. Tumis kacang: panaskan minyak. Tumis bawang putih, bawang merah, cabai hijau, cabai merah, dan taoco sampai harum. Masukkan kacang panjang. Aduk rata. Tambahakn garam, merica bubuk, dan gula merah. Aduk rata. Tuang air. Masak sampai matang dan meresap.
4. Ambil selembar kertas bungkus nasi. Letakkan selembar daun pisang. Sendokkan nasi putih. Letakkan sepotong daun pisang. Beri sambal udang dan tumis kacang panjang. Bungkus.


Resep Nasi Goreng Jawa Maknyuss

Posted on

Biasanya Nasi Goreng Jawa ini saya sajikan sebagai sarapan pagi buat keluarga tercinta.

Resep Bahan Nasi Goreng Jawa :

500 gr nasi
200 gr daging sapi rebus, potong panjang tipis
100 gr udang basah, kupas kulitnya
2 sdm kecap manis
2 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Resep Bumbu Nasi Goreng Jawa, haluskan :

4 buah cabai merah, buang biji
1 sdt terasi
6 buah bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
½ sdt gula pasir
1 sdt garam

Pelengkap Nasi Goreng Jawa :

2 butir telur ayam, buat dadar
2 buah mentimun, kupas, potong-potong
Kerupuk udang secukupnya
Bawang goreng secukupnya

Cara Membuat Nasi Goreng Jawa :

Tumis bumbu halus hingga harum. Beri 3 sendok makan air dan kecap manis, aduk rata.
Masukkan daging dan udang, aduk sebentar. Masukkan nasi, aduk terus hingga rata betul di atas api kecil, angkat. Sajikan dengan taburan bawang goreng, telur dadar, irisan mentimun, dan kerupuk udang.

Selamat Mencoba


Resep Membuat Nasi Pecel Madiun

Posted on

Nasi putih dan pelengkapnya: pecel, kerupuk lempeng, tempe bacem

Bahan :
75 gr taoge, rebus
100 gr kol, iris tipis, rebus
150 gr papaya muda, serut kasar, rebus
50 ge kenikir, rebus
50 gr bayam, rebus
5 bh bunga turi, rebus
50 gr petai cina
1 ikat daun kemangi, ambil daunnya
250 ml air matang

Bahan Kuah Pecel :
100 gr kacang tanah, goreng matang
2 bh cabai merah rebus
3 bh cabai rawit rebus
5 cm kencur
3 lbr daun jeruk purut
½ sdt terasi goreng
1 sdt gula merah
½ sdt garam
1 sdt asam jawa

Cara membuat :
1. Haluskan bahan kuah pecel, tambahkan air matang, aduk rata.
2. Tata nasi di atas piring. Susun sayuran rebus, siram dengan kuah pecel, taburkan petai cina di atasnya.
3. Sajikan dengan tempe bacem, taburan daun kemangi dan kerupuk lempeng.