Masakan yang Mudah dan Enak

Posted on

 

Membuat sup termasuk masakan yang mudah dibuat dan tentunya enak. Selain itu pula sup sangat pas dihidangkan untuk santap siang atau malam, untuk yang menderita flu/sakit, untuk anak-anak balita sampai dengan lansia.
Kali ini sup yang akan kita buat adalah SUP BOLA-BOLA UDANG.
Bahan Bakso :
250 gram tahu putih, dihaluskan
100 gram udang kupas, dicincang
1 sdm tepung kanji
1 butir putih telur
1 3/4 sdt garam
Isi :
25 gram jamur kuping kering direndam, dipotong-potong
200 gram wortel, dipotong tipis
2 batang daun bawang, dipotong-potong
75 gram buncis, dipotong 4 cm
3 butir bawang putih, dicincang
1 sdm merica halus
3/4 sdt pala, diparut
2.000 ml kaldu ayam
1 1/2 sdm garam
Cara membuat :
1. Tumis bawang putih,merica dan pala sampai harum. Tuangkan kaldu lalu didihkan.
2. Aduk bahan bakso lalu bulatkan.
3. Masukkan ke dalam rebusan kaldu.
4. Tambahkan sayuran dan garam. Masak sampai matang.

untuk 7 porsi
sumber saji

Mudah bukan???
Bila Anda suka jangan lupa beri komentarnya yah….


Cara Buat Bakso Goreng

Posted on

 

Hampir semua orang baik tua dan muda suka dengan yang namanya makan bakso. Namun kita perlu tahu pula bagaimana membuat bakso goreng yang empuk dan renyah.
Dan ini salah satu resep cara buat bakso goreng :

Bahan :
250 gram udang giling
100 gram ayam giling
100 gram kulit ayam giling
2 sdm bawang putih, dihaluskan
2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
1 1/2 sdt minyak wijen
75 gram tepung kanji
1/2 sdt baking powder

Cara Membuat :
1. Aduk udang, ayam dan kulit ayam. Uleni sampai kalis kurang lebih 15 menit.
2. Tambahkan bawang putih, garam, merica, gula pasir, minyak wijen, tepung kanji dan baking powder. Aduk sampai rata.
3. Timbang adonan masing-masing 35 gram.
Bulatkan dengan bantuan 2 sendok.
4. Goreng sampai matang dengan api sedang.

untuk 14 buah.

Salah satu tips yang harus diperhatikan saat menggoreng yaitu api jangan terlalu besar supaya bakso bagian dalam tidak mentah dan tidak keriput.

Semoga tips dan resep cara buat bakso goreng ini bermanfaat.


Cara Membuat Kuah Baso Solo

Posted on

Kuah Baso Solo, hmm wenak tenan,  kuah baso solo ini emang terkenal enak loh. Saya yang emang suka baso jadi penasaran gimana sih buat kuah baso seenak itu atau Anda punya tips cara membuat kuah baso solo ini, bagi donk!!!

Di daerah saya susah banget menemukan penjual baso solo asli atau harus ke Solo beneran ya, hehhe kayaknya nggak mungkin deh. Kejauhan sih, tapi daripada ngiler nggak kesampean mending kita buat sendiri yuk, udah tanya-tanya dan search tips cara membuat kuah baso solo hingga mendapatkan tips berikut ini :

 Resep Kuah Baso Solo :

Bahan :

- 500 gr tetelan daging sapi,potong kecil

- 1 potong tulang sapi

- 10 siung bawang putih

- 8 siung bawang merah

- 2 sdm minyak goreng

- 2 1/2 liter air

- Lada,garam dan pala secukupnya

Pelengkap :

- Bawang goreng dan irisan seledri untuk taburan

- Sambal,kecap,saus,dan cuka

- Mie,bihun,sawi,toge,garam dan vetsin secukupnya

Cara Membuat :

  1. Haluskan bawang putih, bawang merah dan lada.Tumis bumbu tadi hingga harum. Angkat.
  2. Rebus tulang sapi dgn air hingga empuk agak lama supaya kaldunya keluar dan terasa.Kalau sumsum sudah keluar dan dagingnya yg nempel sudah empuk.Masukan daging tetelan dan bumbu tumis,masak hingga matang. Angkat
  3. Taruh mie di mangkuk tambahkan sedikit garam dan vetsin.Layukan sayur sebentar kedalam kuah.Tuangkan kuah dan daging bakso kedalam mangkuk bersama sayuran.Taburkan bawang goreng dan seledri.Tambahkan sambal,saus,cuka,kecap sesuai selera

 

Tips :

 -  Waktu memasak harus agak lama agar kaldu keluar dari tulangnya.

 -  Membuat kaldu tulang sapi dimasak dengan api besar sampai air mendidih. Ketika air mendidih angkat tulang dan cuci serta siram di bawah kucuran air dingin sampai tulang dingin (metode ini untuk membuka pori2 tulang dan membersihkan tulang dari darah dsb sehingga kaldunya jernih) lalu masak air baru dan masukkan tulangnya. Setelah air mendidih kecilkan apinya. Masak sampai air berkurang setengahnya.

Silahkan mencoba  dan jangan lupa dikomen dan jika punya tips cara membuat kuah baso solo dengan variasi berbeda bagi-bagi ya!!!

 


Cara Membuat Kuah Baso Ikan

Posted on

Dimusim hujan kayak gini enaknya makan makanan hangat dan berkuah. Wuih pasti makyus banget tuh Kuah Baso Ikan. Nah loh Kuah Baso Ikan ??? biasanyakan baso itu identik dengan daging, pasti amis deh. Tapi gimana tuh cara buatnya?

Gimana tips cara membuat kuah baso ikan. Nggak pake amis dan caranya mudah banget. Simak tips cara membuat kuah bakso ikan berikut ini :

Kuah Baso Ikan

Bahan  :

-          1/2 ekor ayam (bersihkan, buang kulitnya untuk mengurangi lemak)

-          10-15 baso ikan

-          5 baso sapi (kalau suka)

-          2 batang daun bawang diiris 1cm

-          1 sdm lada butiran

-          3 cm jahe diiris lebar

-          1/2 sdt lada bubuk

-          Garam secukupnya                  

Pelengkap  :   

-          Sayur sawi direbus

-          Tahu putih potong segitiga, digoreng

-          Minyak bawang putih cincang

-          (1sdm bawang putih cincang halus

-          2 sdm minyak sayur)

-          Irisan daun bawang untuk taburan

Cara memasak:

  1. Rebus ayam dalam panci yg diisi air setengahnya, dengan api yang kecil agar kaldu ayamnya keluar, lalu masukkan lada butiran, jahe,masak sampai harum.
  2. Masukkan daun bawang, baso ikan, kaldu ayam blok, lada bubuk dan garam secukupnya.
  3. Masak sampai baso ikan mengapung, lalu matikan apinya.
  4. Penyajiannya, taruh sayur sawi rebus, tahu goreng di mangkuk, lalu tuangkan kuah baso ikan dan beri minyak bawang, dan irisan daun bawang sebagai taburan.

Tips cara membuat kuah bakso ikan :

-          Untuk menghilangkan bau amis pada kuah, rebuslah terlebih dahulu baso ikan sampai mengapung, lalu saring dan buang airnya. Baso ikan siap dimasak.

-          Penyajian dengan tambahan irisan daun bawang sebagai taburan dapat menambah bau wangi yang menggoda pada kuah baso ikan.

 

Selamat mencoba…..

 

 


Cara Membuat Baso Yang Enak

Posted on

 

Baso, olahan sepinggan yang digemari terutama kaum hawa dan remaja. Si kenyal bulat berkuah segar ini, membuat orang selalu ingin menikmatinya, apalagi dipadukan dengan saus sambal dan cabai. Ehm…jadi ketagihan ingin terus mengkonsumsinya.

Nah….tak ada salahnya kita coba buat sendiri makanan favorit semua golongan ini. Dan ini cara membuat baso yang enak :

BAHAN :

500 gram daging sapi tanpa lemak, giling

4 siung bawang putih + 6 butir bawang merah dihaluskan

garam secukupnya

2 sdt merica bubuk

75 gram tepung kanji/sagu

25 gram tepung maizena

150 ml air dingin

CARA MEMBUAT :

  1. Pukul-pukul daging hingga halus.
  2. Tambahkan bawang putih, bawang merah, garam, merica bubuk, aduk rata. Masukkan tepung kanji/sagu, maizena dan tambahkan air es sedikit demi sedikit, aduk kuat-kuat sampai rata.
  3. Bulatkan adonan, rebus dalam air setengah mendidih, masak -/+ 10 menit, angkat.
  4. Rebus kembali dalam air mendidih, bila sudah terapung, angkat dan tiriskan.
  5. Siap dihidangkan bersama kuah dan mie/soun/bihun.

Hasil  : 40 buah

Sumber Selera 2000