Cara Mengolah Kerang

Kerang bisa dimasak apa saja mulai dari sate kerang, tumisan kerang, serta sup kerang, Namun perlu anda tahu sebelum mengolah kerang menjadi makanan yang lezat. tidak ada salahnya jika anda mengetahui berbagai seluk beluk tentang cara memasak kerang, Apa saja, yuk simak tips berikut ini.


* Saat anda membeli kerang di pasar atau supermarket, pastikan anda memilih kerang yang masih segar, kenyal dan tidak berbau. Jika anda membeli kerang yang masih bercangkang, segera simpan kerang di dalam lemari pendingin dengan cara dibungkus menggunakan kantung plastic yang sudah diberi lubang atau berpori agar kerang tetap segar.
* Lalu, saat anda sudah akan mengolahnya, jangan lupa untuk membersihkan kerang dengan cara merendamnya di dalam air yang telah dibubuhi garam. Saat merendam, tutup rendaman kerang dan diamkan beberapa saat agar pasir serta kotoran yang terdapat di dalam kerang dapat terlepas.
* Jika anda ingin mengkonsumsi kerang secara mentah, berikan potongan lemon untuk menghilangkan aroma alami kerang. Tetapi mengkonsumsi kerang mentah sangat tidak dianjurkan karena di dalam kerang mentah dapat terkontaminasi bakteri vibrio vunificius yang dapat menimbulkan keracunan terutama pada ibu hamil.
* Cara lain untuk mengolah kerang adalah dengan dikukus. Namun jika anda mengukus kerang jangan sampai terlalu matang karena jika kerang dikukus terlalu matang ada racun yang keluar dari tubuh kerang tersebut. Selain itu jangan lupa untuk memberikan garam pada kukusan kerang agar rasa kerang lebih nikmat saat di santap.
* Alternative lain untuk mengolah kerang andalah dengan cara memangang dengan tambahan bumbu sesuai selera. Sebelum dipanggang, ada baiknya anda mengupas kerang telebih dahulu dan mencampurkannya dengan jus. Kemudian bilas kerang sebelum anda melumeri dengan mentega dan mulai memanggang.
* Untuk Anda penggemar masakan rebus-rebusan,  Anda dapat mengolah kerang dengan cara direbus. Jika masih di dalam cangkangnya, rebus kerang hingga cangkang terbuka lalu angkat. Namun jika kerang digunakan sebagai campuran pada sup atau makanan lain, masukkan kerang ke dalam rebusan di menit-menit terakhir untuk mendapatkan hasil dan cita rasa yang maksimal.

Sumber: carapedia.com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>