Tips Memasak Mie Instan Yang Aman

Posted on

Jika Anda terbiasa memasak mie instan dengan memasukkan mie ke dalam air mendidih beserta bumbunya, ini cara yang salah.

Bumbu mie instan biasanya mengandung MSG (Monosodium Glutamat) yang jika dimasukkan ke dalam air mendidih dapat berubah struktur molekulnya dan membuatnya beracun. Satu hal lagi yang mungkin tidak Anda sadari adalah mie instan dilapisi oleh lilin (wax) di mana tubuh memerlukan waktu sekitar 4-5 hari untuk mencernanya.

Berikut ini adalah cara terbaik untuk memasak mie instan yang patut anda coba.

1.Masak mie di dalam air mendidih

2.Setelah cukup matang, angkat mie dan buang air yang mengandung lilin.

3.Rebus lagi air dalam panci dan masukkan mie ke dalam air yang mendidih panas, lalu matikan api segera.

4.Hanya pada tahap ini ketika api dimatikan dan air panas mendidih, masukkan semua bahan dan bumbu bubuk ke dalam mie.

5.Namun, jika Anda ingin menghidangkan mie kering, ambil mie keluar dari air baru tambahkan sebuah bahan dan bumbu. Aduk rata dan mie siap disajikan.

Jika Anda membeli mie hakka (mie China), Anda perlu memasaknya di dalam air mendidih, lalu buang airnya. Kemudian untuk mencegah agar mie tidak lengket, masukkan satu sendok teh minyak saat merebus mie.

Mie instan mentah tidak dipersiapkan secara sehat ketika Anda membelinya, apalagi dengan kandungan MSG dan pengawet kimia lainnya. Sejumlah pasien infeksi pankreas berusia 18-24 tahun mengaku mengonsumsi mie instan secara teratur. Mie instan bisa jadi berbahaya bagi tubuh, jika Anda mengonsumsinya lebih dari tiga kali dalam seminggu.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>