Cara Mengolah Daging Kambing Dan Sapi Agar Empuk

Posted on

* Potong-potong daging berlawanan arah dengan serat daging.

* Daging kambing atau sapi dibungkus dengan daun pepaya. Diamkan selama 1 jam. Bisa juga ditambahkan serai (sereh/serei) banyak-banyak agar bau kambing hilang.

* Penting untuk tidak mencuci daging kambing dengan air dingin.  Bisa dengan cara mencuci daging kambing menggunakan air panas, atau rebus air hingga mendidih, masukkan daging kambing, biarkan hingga berbuih, lalu buang buihnya hingga habis.

* Daging sapi atau kambing tidak langsung dimasak sebab cenderung liat (alot), akan tapi daging kambing atau sapi direbus terlebih dahulu dengan rempah-rempah. Rempah-rempahnya yaitu; kunyit dan jahe, ditambahkan daun salam, serai (sereh) dan lengkuas.

* Dengan penambahan/campuran mentimun, contohnya: Potong timun kecil-kecil lalu aduk berbarengan dengan daging. Proses mengaduk berlangsung kurang lebih sepuluh menit. Namun apabila masih belum hilang diaduk terus hingga aroma timunnya menjadi lebih tercium (dominan).

* Bisa juga dengan cara yang sangat bagus yaitu menggunakan buah nanas untuk melunakkan/membuat empuk. Caranya, daging kambing atau sapi yang sudah diiris-iris dicampur atau dilumuri dengan nanas yang sudah diparut atau diblender/jus. Biarkan selama 1 jam. Banyaknya parutan buah nanas tergantung selera dan kebutuhan. Semakin banyak jumlah nanas semakin empuk pula dagingnya, malah bisa jadi hancur berderai. Jadi hati-hati sesuaikan takarannya sesuai selera dan kebutuhan. Buah nanas punya keunggulan menggelontorkan lemak. Cocok bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan. Sesuai pengalaman paman saya, parutan atau potongan buah nanas bisa juga digunakan sebagai campuran bumbu ketika dimasak. Tetapi kalau nanasnya terlalu banyak bentuk potongan dagingnya bisa hancur. Jadi takarannya sesuai selera Anda saja, mungkin Anda memang ingin membuat resep terobosan baru resep sedap citarasa sup daging segar dengan nanas asam sebagai bumbu penyegarnya. Silahkan dicoba.

* Tips terakhir, sebenarnya mirip dengan daun pepaya yaitu dengan serbuk papain yang disarikan dari getah pepaya. Serbuk papain bisa dibeli di toko swalayan atau supermarket.

* Ada juga yang mengatakan bahwa parutan buah apel dan sari buah jeruk bisa melunakkan daging pada masakan, tetapi saya belum pernah mencoba. Konon apel dan sari buah jeruk mengandung asam atau vitamin C yang dapat melunakkan serat daging.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>