Cara Membuat Kuah Baso Solo

Posted on

Kuah Baso Solo, hmm wenak tenan,  kuah baso solo ini emang terkenal enak loh. Saya yang emang suka baso jadi penasaran gimana sih buat kuah baso seenak itu atau Anda punya tips cara membuat kuah baso solo ini, bagi donk!!!

Di daerah saya susah banget menemukan penjual baso solo asli atau harus ke Solo beneran ya, hehhe kayaknya nggak mungkin deh. Kejauhan sih, tapi daripada ngiler nggak kesampean mending kita buat sendiri yuk, udah tanya-tanya dan search tips cara membuat kuah baso solo hingga mendapatkan tips berikut ini :

 Resep Kuah Baso Solo :

Bahan :

- 500 gr tetelan daging sapi,potong kecil

- 1 potong tulang sapi

- 10 siung bawang putih

- 8 siung bawang merah

- 2 sdm minyak goreng

- 2 1/2 liter air

- Lada,garam dan pala secukupnya

Pelengkap :

- Bawang goreng dan irisan seledri untuk taburan

- Sambal,kecap,saus,dan cuka

- Mie,bihun,sawi,toge,garam dan vetsin secukupnya

Cara Membuat :

  1. Haluskan bawang putih, bawang merah dan lada.Tumis bumbu tadi hingga harum. Angkat.
  2. Rebus tulang sapi dgn air hingga empuk agak lama supaya kaldunya keluar dan terasa.Kalau sumsum sudah keluar dan dagingnya yg nempel sudah empuk.Masukan daging tetelan dan bumbu tumis,masak hingga matang. Angkat
  3. Taruh mie di mangkuk tambahkan sedikit garam dan vetsin.Layukan sayur sebentar kedalam kuah.Tuangkan kuah dan daging bakso kedalam mangkuk bersama sayuran.Taburkan bawang goreng dan seledri.Tambahkan sambal,saus,cuka,kecap sesuai selera

 

Tips :

 -  Waktu memasak harus agak lama agar kaldu keluar dari tulangnya.

 -  Membuat kaldu tulang sapi dimasak dengan api besar sampai air mendidih. Ketika air mendidih angkat tulang dan cuci serta siram di bawah kucuran air dingin sampai tulang dingin (metode ini untuk membuka pori2 tulang dan membersihkan tulang dari darah dsb sehingga kaldunya jernih) lalu masak air baru dan masukkan tulangnya. Setelah air mendidih kecilkan apinya. Masak sampai air berkurang setengahnya.

Silahkan mencoba  dan jangan lupa dikomen dan jika punya tips cara membuat kuah baso solo dengan variasi berbeda bagi-bagi ya!!!

 


5 thoughts on “Cara Membuat Kuah Baso Solo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>