Cara Membuat Kuah Baso Ikan

Posted on

Dimusim hujan kayak gini enaknya makan makanan hangat dan berkuah. Wuih pasti makyus banget tuh Kuah Baso Ikan. Nah loh Kuah Baso Ikan ??? biasanyakan baso itu identik dengan daging, pasti amis deh. Tapi gimana tuh cara buatnya?

Gimana tips cara membuat kuah baso ikan. Nggak pake amis dan caranya mudah banget. Simak tips cara membuat kuah bakso ikan berikut ini :

Kuah Baso Ikan

Bahan  :

-          1/2 ekor ayam (bersihkan, buang kulitnya untuk mengurangi lemak)

-          10-15 baso ikan

-          5 baso sapi (kalau suka)

-          2 batang daun bawang diiris 1cm

-          1 sdm lada butiran

-          3 cm jahe diiris lebar

-          1/2 sdt lada bubuk

-          Garam secukupnya                  

Pelengkap  :   

-          Sayur sawi direbus

-          Tahu putih potong segitiga, digoreng

-          Minyak bawang putih cincang

-          (1sdm bawang putih cincang halus

-          2 sdm minyak sayur)

-          Irisan daun bawang untuk taburan

Cara memasak:

  1. Rebus ayam dalam panci yg diisi air setengahnya, dengan api yang kecil agar kaldu ayamnya keluar, lalu masukkan lada butiran, jahe,masak sampai harum.
  2. Masukkan daun bawang, baso ikan, kaldu ayam blok, lada bubuk dan garam secukupnya.
  3. Masak sampai baso ikan mengapung, lalu matikan apinya.
  4. Penyajiannya, taruh sayur sawi rebus, tahu goreng di mangkuk, lalu tuangkan kuah baso ikan dan beri minyak bawang, dan irisan daun bawang sebagai taburan.

Tips cara membuat kuah bakso ikan :

-          Untuk menghilangkan bau amis pada kuah, rebuslah terlebih dahulu baso ikan sampai mengapung, lalu saring dan buang airnya. Baso ikan siap dimasak.

-          Penyajian dengan tambahan irisan daun bawang sebagai taburan dapat menambah bau wangi yang menggoda pada kuah baso ikan.

 

Selamat mencoba…..

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>